Blogging

Tips Memilih AC Yang tepat untuk kebutuhan

Keberadaan pendingin udara (air conditioner) semakin sering ditemui pada rumah tangga di kota besar. Saat ini di pasar tersedia begitu banyak jenis, model serta fitur yang ditawarkan alat pendingin udara atau yang kerap kita sebut AC itu.

Agar tak salah pilih saat membeli AC, kami memberikan beberapa tips sehingga pendingin udara yang akan Anda beli sesuai dengan kebutuhan di rumah.

1. Tentukan anggaran
Harga AC bervariasi yang disebabkan efisiensi energi, kapasitas pendingin udara, serta fitur tambahan. Perhitungkan berapa dana yang dianggarkan sehingga Anda tak perlu membeli AC dengan berbagai macam fitur yang sebenarnya tak begitu dibutuhkan.

2. Portabel atau permanen
Tentukan apakah Anda akan memilih AC permanen atau portabel. AC portabel memiliki keunggulan bisa dipindahkan kemana-mana sebaliknya dengan model permanen yang hanya bisa ditempatkan di satu ruangan.

Tapi AC portabel memiliki kekurangan yaitu lebih mahal dan membutuhkan tenaga lebih besar untuk mendinginkan ruangan dibanding tipe permanen.

Sebagai contoh jika satu ruangan berukuran 9 meter persegi membutuhkan AC berkapasitas 7 ribu BTU (British Thermal Unit) dengan menggunakan tipe permanen, sebaliknya jika memakai model portabel, tenaga yang dibutuhkan mencapai 10 ribu BTU.

3. Pilihlah berapa kapasitas AC yang diinginkan
Ini diperlukan agar AC yang dipilih mampu mendinginkan ruangan sesuai kemauan Anda.

Masukkan dalam perhitungan ini tinggi langit-langit ruangan, apakah ruangan terkena langsung sinar matahari atau tidak, adakah peralatan yang menimbulkan panas dalam ruangan serta berapa banyak orang dalam ruangan itu.

4. Pilihlah AC hemat energi
Memilih AC hemat enerji membuat Anda dapat menghemat uang dari pemakaian listrik. Terlebih lagi tarif dasar listrik yang dikutip PLN mengalami kenaikan untuk pelanggan dengan daya diatas 900 watt pada 1 Januari lalu.

Jika memungkinkan buatlah perbandingan dari pemakaian daya atau efisiensi enerji dari beberapa model AC agar Anda mendapatkan pendingin terbaik yang hemat energi sekaligus dengan harga yang lebih kompetitif.


5. Perhitungkan fitur tambahan
Saat ini ada AC yang memiliki fitur tambahan seperti kualitas filter udara, kontrol kecepatan, pengatur waktu, low wattage, low voltage dan lain-lain.

Begitulah tipsĀ Memilih AC Yang tepat untuk kebutuhan menurut saya. Jika anda ingin menambahkan silahkan masukkan di kolom komentar..

Terimakasih sudah berkunjung.

Amara Faezya
Saya adalah blogger pemula yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada sobat-sobat semua. Semoga artikel yang ada di blog ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *